Selasa, 14 Mei 2013

Robot Sumo Super Sederhana (part 1)

Apakah kalian pernah melihat pertandingan SUMO ?
Ya, Sumo adalah pertandingan seperti gulat asal Jepang, dimana para pemainnya bertubuh super besar dan berusaha saling menjatuhkan lawan.
Berusaha saling menjatuhkan lawan ! Ya, lawan yang jatuh melewati Dohyo (garis lingkaran) dianggap kalah.
Ternyata untuk menjatuhkan lawan itu diperlukan kekuatan yang besar. Nah, disinilah asiknya. Kita bisa belajar menguraikan berbagai macam gaya yang menyusun kekuatan seorang pemain Sumo.

Kita tidak perlu repot ke Jepang untuk bertemu para pemain Sumo, kemudian mengukur kekuatan mereka. hehe. Karena dalam dunia robotika sudah ada pembahasan khusus tentang Robot Sumo.






Robot Sumo pada dasarnya adalah robot dengan kemampuan mendeteksi obyek. Dengan menggunakan sensor jarak seperti Sensor Inframerah atau Sensor Ultrasonik, robot Sumo dapat mendeteksi atau "melihat" musuh, Begitu musuh memasuki area deteksinya, maka robot ini akan langsung "menyerang" musuh tersebut dengan cara mendorongnya sampai keluar Dohyo.

Robot Sumo juga dilengkapi dengan Edge Sensor atau Sensor Tepi, yang bisa dibuat dari Sensor Garis. Sensor ini mencegah robot Sumo ikutan keluar garis saat mendorong musuhnya.

Nah untuk sementara, sekian dulu pengenalan robot Sumo. Pada episode ke-2 (part 2), Insyaa Alloh kita akan mencoba membuat Robot Sumo tanpa komponen elektronik, yang bisa kita buat dari mainan bekas :)

Build robots. Build future. Semakin semangat belajar robotika !






Tidak ada komentar:

Posting Komentar